Apa Itu Metode Belajar Musik "Hearing" Atau "Play By Ear" Dan Juga "Multi-Genre Approaching" ?



Belajar Musik Paling Efektif Dengan Metode Play By Ear / Hearing & Multi Genre Approaching


Seorang musisi / pemusik sejati itu dalam proses belajarnya akan lebih condong kepada penggunaan telinga (hearing) daripada bacaan (reading), karena kemampuan alami musikalitas seseorang itu hanya bisa di-upgrade dengan belajar / berlatih dengan cara alami pula yakni mengasah kemampuan mendengar, menyimak, menganalisa dan meniru.

Dengan pendekatan yang efektif ini seorang pemula bisa dengan cepat memahami, berkembang dan menguasai alat musik / instrument yang dipelajarinya. Oleh karena sebab inilah jika ingin menjadi musisi yang sejati maka pendekatan metode belajar musik yang tepat dan benar itu harus kita ketahui terlebih dahulu.


Apa Itu Pemusik Aktif Dan Pemusik Pasif?


Pada dasarnya semua manusia itu memiliki bakat musik, jadi sebenarnya istilah "gak punya bakat" itu tidak benar, yang lebih tepat adalah "kurang bakat", karena manusia secara kodrati punya kecenderungan untuk menikmati musik, inilah yang membuat pemusik itu dikategorikan dalam 2 golongan besar yakni pemusik pasif (cuma penikmat, bukan pemain) dan pemusik aktif (selain penikmat, juga pemain).

Bakat musik yang natural adalah bakat bawaan lahiriah (anugerah), artinya bakat ini sifatnya mutlak, sedangkan kemampuan mekanik / teknik bermain, bisa diasah / dilatih oleh siapapun bahkan yang kurang bakat sekalipun.


Bakat Musik Adalah Anugerah


Seseorang yang punya bakat alami, maka ia cenderung cepat bisa dalam proses belajar, sedangkan yang kurang bakat, ada kecenderungan agak lambat dalam proses belajar, baik secara respon maupun daya serap. Tapi apakah yang 'kurang bakat' ini bisa berhasil dalam proses belajarnya? 

Tentu bisa, dengan syarat bagi yang merasa 'kurang bakat' wajib berlatih jauh lebih keras daripada yang berbakat ideal, karena latihan keras itu bisa 'menghancurkan' banyak kendala/penghalang, dan bahkan bukan tidak mungkin, seseorang yang 'kurang bakat' bisa naik ke level wilayah yang 'berbakat', jika ia berlatih dengan super keras.


suasana para murid sedang belajar di studio reyal musik


Metode Belajar Musik Paling Baik, Efektif dan Bagus


Apa itu metode hearing atau play by ear ? .... metode ini adalah konsep ajaran yang lebih menitik beratkan pada kemampuan mendengar, menyimak, menganalisa dan meniru, metode ini jelas bertolak belakang dengan pendekatan reading (baca not balok/partitur) karena hearing adalah cara paling alami dalam belajar musik.

Pemain musik / musisi / pemusik yang lebih kepada hearing umumnya memiliki kualitas musikal (feel/soul) yang lebih baik daripada yang belajar via reading. Juga lebih mandiri, lebih inovatif dan lebih progresif.

Lalu apa itu multi-genre approaching ? ... adalah pendekatan belajar musik dengan tanpa menyekat / membatasi aliran genre musik, atau tidak hanya terpaku pada genre musik tertentu atau biasa disebut multi genre (bermain banyak aliran musik).

Dengan memahami banyak genre, seorang pemusik / musisi akan lebih cenderung punya skill kombinatif, inovatif dan progresif karena ia mampu mengkombinasikan banyak style musik sehingga sanggup menghadirkan musikalitas yang lebih segar, unik dan menarik.

REYAL MUSIK, menawarkan metode belajar hearing yakni "Play By Ear & Multi Genre Approaching" dengan target agar bisa mencetak calon-calon pemain musik / musisi yang lebih cerdas, fleksibel, multi stylish (sanggup bermain banyak genre musik) serta berjiwa innovator.

Metode ini sangat khasnya Reyal Musik, karena metode ini jarang ditemui di tempat-tempat belajar lainnya, jika berminat kursus/les silahkan datang langsung ke studio Reyal Musik, atau hubungi CP : (WA/Call) 081280951862.

Pilihan Kursus / Les Musik, tersedia les offline (datang belajar langsung), les online (tanpa datang) dan les musik privat guru datang ke rumah, selengkapnya sebagai berikut; 





( by. Dani MKD @ReyalMusik )


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Chat Us