Mengenal Apa Itu Theme Song (Lagu Tema) & Soundtrack, Pengertian, Perbedaan, Fungsi, Ciri, Contoh

penjelasan definisi fungsi perbedaan lagu tema, theme song, soundtrack, lagu film, tv, video game, radio


Mengenal Apa Itu Theme Song (Lagu/Musik Tema), Definisi, Pengertian, Perbedaan, Ciri, Contoh Dan Fungsi

Theme song adalah lagu yang menonjolkan atau mengenalkan suatu tema, themesong biasa juga dikenal dengan sebutan lagu tema atau kadang disebut juga musik tema, biasanya sering dijadikan lagu tema untuk film, acara tv, program radio dan video game

Saat ini theme song sudah banyak digunakan menjadi lagu profil perusahaan, lagu event / gebyar, instansi, lembaga, sekolah, perguruan tinggi, organisasi, perkumpulan, komunitas dan lain-lain.

Theme song juga banyak digunakan untuk lagu kampanye, lagu iklan layanan masyarakat, lagu flashmob, lagu edukasi, lagu iklan (terkadang lagu jingle iklan mengambil dari potongan lagu themesong), dan lain-lain.

Lagu tema (theme song) menjadi lebih fleksibel karena bisa digunakan untuk berbagai kebutuhan yang berhubungan dengan tema / topik tertentu.


Lagu Tema (Theme Song) Bisa Digarap Dengan Aliran Genre Musik Apapun

Theme song secara penggarapan musiknya juga cenderung bebas dan fleksibel ke style genre-genre musik umum seperti pop, rock, classical, alternative, jazz, folk, ballad, electro, country, steady, blues, rap hiphop, acoustic dan lain-lain.


Lagu Tema (Theme Song) Harusnya Dimiliki Siapa Saja?

Lagu tema / theme song / musik tema sebaiknya dimiliki oleh setiap perusahaan, organisasi, perkumpulan, asosiasi, sekolah, yayasan, perguruan tinggi, instansi, lembaga, dan lain-lain karena tipikal lagu ini lebih mudah diingat, dihapal dan dikenal, musiknya juga bisa digarap secara luwes atau fleksibel, serta tentunya bisa menyampaikan pesan atau tema penting baik visi maupun misi.


Contoh Lagu Tema (Theme Song) Yang Populer Dan Terkenal

Contoh lagu tema (theme song) terkenal seperti theme song lagu speak softly love (godfather), a whole new world (aladdin), beauty and the beast, my heart will go on (titanic), skyfall (james bond), dan lain-lain.


Mengenal Apa Itu Lagu Soundtrack, Definisi, Pengertian, Ciri, Contoh Dan Fungsi

Soundtrack adalah lagu yang umumnya digunakan untuk mengiringi film, sinetron, acara televisi, video game, program radio. Hampir sama seperti theme song (lagu tema), tapi soundtrack lebih khusus untuk yang sudah tersebut diatas.


Apa Saja Lagu Soundtrack Yang Terkenal?

Jadi kesimpulannya lagu film (movie song) bisa disebut soundtrack atau theme song, seperti soundtrack titanic (my heart will go on), soundtrack batman forever (kiss from a rose), soundtrack bodyguard (i will always love you), dan lain-lain.

Di permainan video game juga ada contoh soundtrack terkenal seperti soundtrack game mario bros. Di serial tv atau drama tv juga banyak sekali soundtrack yang terkenal.


Perbedaan Dan Persamaan Antara Soundtrack Dan Theme Song (Lagu/Musik Tema)

Theme song dan soundtrack memiliki persamaan yakni sama-sama lagu yang dibuat untuk kebutuhan film, tv, radio dan video game. Perbedaannya, Soundtrack itu lebih khas dan khusus untuk film, tv, radio, game. Sedangkan theme song (lagu tema) bisa untuk selain itu, seperti yang sudah dijelaskan dibagian atas (tentang lagu tema).


Macam Dan Jenis Lagu Tema (Theme Song)

Theme song lebih fleksibel karena bisa ke berbagai bidang, sekarang ini sudah banyak theme song (lagu tema) dengan versi-versi sebagai berikut ;
  • Lagu tema / theme song perusahaan 
  • Lagu tema / theme song perguruan tinggi (universitas, institut, akademi, politeknik, sekolah tinggi)
  • Lagu tema / theme song organisasi / ormas / partai
  • Lagu tema / theme song instansi / lembaga
  • Lagu tema / theme song perkumpulan / perhimpunan / asosiasi / serikat / komunitas
  • Lagu tema / theme song sekolah (TK, SD, SMA, SMK, boarding school, ponpes)
  • Lagu tema / theme song yayasan
  • Lagu tema / theme song event / gebyar / acara / program
  • Lagu tema / theme song kampanye / edukasi / iklan promosi
  • Lagu tema / theme song rumah sakit, klinik, puskesmas
  • Lagu tema / theme song provinsi, kabupaten, kota
dan lain-lain...

Saat ini theme song sudah menjadi semacam lagu profil identitas (seperti lagu mars dan hymne) dan juga sebagai lagu pengenal ke publik (lagu iklan promo). Theme song memiliki karakter yang lebih 'catchy' sehingga tipikal lagunya sangat cocok untuk tema lirik tentang visi, misi, kegiatan, event, acara, program, kampanye, iklan promosi produk dan jasa, dan lain-lain.

Theme song (lagu tema) hasil produksi Reyal Musik beberapa diantaranya menjadi cukup populer dan viral secara nasional seperti theme song jingle three ends (jingle resmi kementrian PPPA), theme song hari anak nasional 2016, theme song sensus penduduk BPS.

Reyal Musik, studio rekaman yang sudah berpengalaman menggarap berbagai genre musik termasuk diantaranya lagu-lagu tema (themesong) dan soundtrack. Reyal Musik menawarkan jasa pembuatan theme song (lagu tema / musik tema) dan soundtrack terbaik, berkualitas dan profesional dengan biaya yang terjangkau.




( by. Dani MKD @ReyalMusik ) 



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Chat Us