Mengenal Apa Itu Jingle, Pengertian, Manfaat, Fungsi, Ciri, Contoh Lagu Musik Jingle

pengertian manfaat fungsi jingle lagu iklan promo produk dan jasa perusahaan, bisnis, usaha umkm, pedagang, sekolah, perguruan tinggi


Mengenal Apa Itu Lagu Jingle, Definisi, Pengertian, Ciri, Manfaat Dan Fungsinya


Jingle adalah tipe / jenis lagu iklan untuk promo produk maupun jasa, promosi pengenalan brand (merk) atau branding produk / jasa ke publik, juga lagu jingle sering digunakan untuk kebutuhan pengenalan tema-tema tertentu ke publik, kebutuhan untuk menyampaikan pesan-pesan tertentu ke publik, kampanye dan lain-lain.

Jingle adalah tipikal lagu yang berciri singkat, padat, ringkas dan to the point, memiliki pesan lirik lagu yang umumnya bertema tentang iklan produk baik promo produk maupun promo jasa.

Jingle termasuk kategori tipikal lagu yang iringan musiknya bisa diaransemen kedalam berbagai style genre musik, mulai dari pop, rock, folk, ballad, blues, dangdut, jazz, reggae, country, electro, rap, acoustic dan lain-lain. Sangat fleksibel dengan pilihan banyak warna musik, meskipun umumnya digarap dalam aransemen musik pop.


Manfaat Dan Fungsi Lagu Jingle


Jingle bisa berdurasi sangat pendek, sedang dan juga bisa lebih panjang, umumnya jingle itu berdurasi pendek / sedang dan sering digunakan sebagai media lagu promosi produk maupun jasa seperti lagu jingle iklan TV, iklan radio, jingle iklan online internet berbagai produk dan jasa, hingga jingle jualan keliling seperti para pedagang makanan / minuman keliling. dan lain-lain.

Jingle umumnya disertai lirik lengkap dengan nada lagunya, karena lagu jingle akan jauh lebih efektif dan maksimal fungsinya jika ada penyanyi / vokalis yang menyampaikan pesannya dalam bentuk nyanyian / lagu, namun ada juga jingle versi instrumental (hanya melodi instrument nada lagu saja).


Jingle Adalah Lagu Iklan Promo Yang efektif


Kesimpulannya, lagu jingle itu merupakan alat marketing terbaik, karena sanggup memberikan kekuatan pada branding image produk / jasa, sangat efektif untuk media pemasaran sebagai lagu promo, lagu pemasaran, lagu iklan yang bisa membuat usaha anda terlihat lebih profesional, lebih mudah dikenal dan diingat (karena lagu jingle yang menarik akan mudah pula menarik minat konsumen) serta tentunya bisa cepat meningkatkan statistik perkembangan bisnis usaha anda.

Apalagi di era digital saat ini yang mana segala macam jenis usaha berlomba-lomba berusaha memenangkan pasar, bersaing ketat, mencari pelanggan / konsumen / klien dengan banyak cara. 

Tentu dengan memiliki lagu jingle, usaha anda akan lebih 'menonjol' karena lagu promo iklan itu lebih cepat menguatkan identitas, lebih cepat diidentifikasi sehingga teknik pemasaran anda akan jauh lebih unggul daripada kompetitor yang tidak memiliki lagu jingle.


Siapa Saja Yang Membutuhkan Jingle?


Diantara yang membutuhkan lagu jingle dan seharusnya memilikinya adalah perusahaan, sekolah, perguruan tinggi, usaha umkm, usaha dagang (makanan dan minuman), usaha jasa, toko online dan offline, branding online (media sosial, blog, website, dan lain-lain), aplikasi online, instansi, lembaga, rumah sakit, klinik, dan lain-lain. Pembuat lagu jingle juga biasa dikenal dengan sebutan jingle maker.


Tipe / Jenis Lagu Jingle

  • Jingle Produk
  • Jingle Iklan Promo
  • Jingle Branding Makanan & Minuman
  • Jingle Branding Jasa
  • Jingle Olshop (Toko Online)
  • Jingle Branding Perusahaan / Instansi / Umkm
  • Jingle Usaha Jasa
  • Jingle Sekolah (TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pondok Pesantren / Boarding School)
  • Jingle Perguruan Tinggi / Universitas / Akademi / Institut / Politeknik / Sekolah Tinggi
  • Jingle Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik
  • Jingle Kampanye Pilkada / Pilgub / Pileg
  • Jingle Aplikasi
dan lain-lain...

Jingle juga tidak harus selalu dalam format untuk kebutuhan iklan komersial produk maupun jasa, jingle juga bisa untuk kebutuhan lagu kampanye, baik kampanye program seperti lagu jingle iklan layanan masyarakat, lagu jingle kampanye sosial politik, event, acara gebyar, komunitas dan lain-lain.

Intinya, lagu jingle itu luwes karena bisa diperuntukkan untuk berbagai kebutuhan baik untuk bisnis, program, event, kampanye, perkumpulan, organisasi dan sejenisnya.

Reyal Musik menawarkan jasa pembuatan jingle (lagu/musik jingle) terbaik, berkualitas dan profesional dengan biaya yang terjangkau oleh semua.



( by. Dani MKD @ReyalMusik )



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Chat Us