Mengenal Apa Itu Lagu Mars, Pengertian, Manfaat, Fungsi, Ciri, Contoh Musik Mars

pengertian manfaat fungsi lagu mars, musik mars, definisi, ciri, contoh lagu musik mars


Mengenal Apa Itu Lagu / Musik Mars, Definisi, Pengertian, Ciri, Manfaat Dan Fungsi


Definisi / Ciri / Pengertian Lagu Musik Mars - mars adalah lagu dengan irama musik berbaris yang semangat, menghentak, menggebu-gebu, bergelora, biasanya dinyanyikan dalam bentuk vokal paduan suara dengan iringan musik orchestra, drumband / marching band. Mars bisa dimainkan dalam hitungan birama 2/4, 4/4 dan 6/8.

Lagu mars / musik mars biasanya cocok dijadikan semacam 'lagu wajib' bagi perusahaan, instansi, lembaga, organisasi, perguruan tinggi, sekolah, perkumpulan, komunitas, perhimpunan, asosiasi, serikat dan lain-lain.


Manfaat Dan Fungsi Lagu Mars


Fungsi / Manfaat Lagu Musik Mars - mars lebih kepada lagu yang bernuansa penguatan internal, karena tema lagunya secara umum bernuansa kebersamaan, persatuan dan penjabaran visi misi, mars juga biasa disebut lagu identitas, lagu profil dan lagu kolosal (lagu yang dinyanyikan secara beramai-ramai).

Lagu mars / musik mars sering dibawakan dalam acara-acara resmi seperti upacara, parade, acara-acara formal perusahaan, lembaga, instansi, sekolah, perguruan tinggi (universitas, institut, sekolah tinggi, akademi, politeknik), organisasi, perkumpulan, perhimpunan, asosiasi, serikat, komunitas, dan lain-lain.


Sejarah Lagu Mars


Dahulu kala lagu dan musik mars sering dinyanyikan kalangan militer untuk menyemangati para prajurit dalam suasana perang, sejalan dengan perkembangan waktu dan zaman, lagu mars bertransformasi dan masuk ke berbagai bidang, mulai dari kalangan formal, usaha bisnis, komunitas dan banyak lagi lainnya.


Contoh Lagu-Lagu Mars Yang Populer Dan Terkenal


Contoh lagu-lagu mars populer dan dikenal umum seperti lagu kebangsaan indonesia raya, maju tak gentar, garuda pancasila, halo-halo bandung, berkibarlah benderaku, hari merdeka, dan lain-lain. 

Dulu lagu dan musik mars identik dengan lagu perjuangan / lagu nasional / lagu kebangsaan, seiring waktu lagu-lagu mars mulai umum dijadikan sebagai lagu profil, lagu identitas bahkan lagu wajib untuk suatu instansi, lembaga, perusahaan, sekolah, perguruan tinggi, organisasi, dan lain-lain.


2 Versi Lagu Mars

  1. Lagu Mars (full lengkap dengan lirik, lagu, penyanyi / vokal dan musiknya)
  2. Musik Instrumental Mars (hanya berbentuk instrumental musik tanpa penyanyi)

Jika ingin lagu mars bisa dihapal, dinyanyikan dan dikenal maka yang paling baik adalah versi normalnya yakni ada lagu, lirik, penyanyi dan aransemen musiknya. Namun lagu mars juga sebaiknya dibuatkan versi musik mars instrumental (tanpa penyanyi, minus one, backing track, background music), tujuannya agar bisa dinyanyikan secara live dalam sebuah acara resmi.


Tipe / Macam / Jenis Lagu Mars

  • Lagu Mars Perguruan Tinggi (Universitas, Akademi, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi)
  • Lagu Mars Fakultas Ekonomi, Hukum, Kedokteran, Teknik, Pertanian, Peternakan, Komunikasi, Sosial Politik
  • Lagu Mars Perusahaan / Instansi / Lembaga
  • Lagu Mars Sekolah (TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pondok Pesantren / Boarding School)
  • Lagu Mars Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik
  • Lagu Mars Organisasi, Perkumpulan, Partai, Perhimpunan, Asosiasi, Serikat, Komunitas
  • Lagu Mars TNI (Tentara/Militer), Polisi
  • Lagu Mars Provinsi, Kabupaten, Kota
  • Lagu Mars Yayasan
dan lain-lain...


Reyal Musik, studio rekaman yang berpengalaman menggarap lagu-lagu mars, kami menawarkan jasa pembuatan lagu mars / musik mars terbaik, profesional dan berkualitas dengan biaya yang terjangkau.




( by. Dani MKD @ReyalMusik ) 



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Chat Us