Mengenal Apa Itu Lagu Hymne, Pengertian, Fungsi, Manfaat, Ciri, Contoh Musik Hymne

pengertian manfaat fungsi lagu hymne, musik hymne, ciri contoh lagu profil perusahaan, organisasi, instansi, lembaga, sekolah, perguruan tinggi, perkumpulan


Mengenal Apa Itu Lagu Hymne, Definisi, Pengertian, Ciri, Manfaat Dan Fungsi


Pengertian / Ciri / Definisi Lagu Hymne - lagu hymne adalah lagu yang temanya berisi pujian untuk memuliakan, iramanya lebih tenang, penuh pengkhayatan, lebih menonjolkan sisi lirik / syair lagu, memiliki alunan nada yang mendayu-dayu dan penuh khidmat.

Lagu hymne (himne) memiliki karakter tipikal lagu yang menyentuh karena memiliki irama yang lebih tenang, tema lirik / syair lagu yang menggugah rasa, dan biasanya dinyanyikan bisa secara solo vokal (sendiri) maupun paduan suara.


Manfaat Dan Fungsi Lagu Hymne


Manfaat dan fungsi lagu hymne - lagu hymne juga sama seperti lagu mars yakni sering dijadikan semacam 'lagu wajib' untuk sekolah, perusahaan, organisasi, perguruan tinggi, instansi, lembaga, komunitas dan lain-lain. 

Lagu hymne dan lagu mars biasanya sepasang lagu yang sangat pas dijadikan lagu profil, lagu identitas dan lagu penguat internal. Lagu hymne sangat bermanfaat untuk menumbuhkan dan memperkuat rasa cinta dan rasa kagum.

Lagu hymne sering dibawakan dan dinyanyikan dalam acara-acara resmi seperti upacara, acara formal lembaga, instansi, perusahaan, perguruan tinggi, sekolah, organisasi, perkumpulan, dan sebagainya.


Karakter Lagu Hymne


Lagu hymne memiliki karakter nada lagu yang lembut mendayu, nyaman didengar, lirik lagu sangat mendalam dan menyentuh, secara umum aransemen musiknya tenang, cenderung pop dan classical music. Iringan instrument piano lebih menyatu dengan lagu hymne dan lebih baik lagi jika ditambah dengan sentuhan string orchestra.


Contoh Lagu-Lagu Hymne Yang Populer Dan Terkenal


Contoh lagu-lagu hymne (himne) yang populer dan dikenal secara umum, diantaranya lagu indonesia pusaka, gugur bunga, bagimu negri, ibu pertiwi, hymne guru, tanah airku, mengheningkan cipta, dan lain-lain. 

Dahulu kala lagu hymne umum ditemukan di lagu-lagu bertema perjuangan, nasionalisme dan kebangsaan, seiring jaman dan waktu, lagu hymne sekarang banyak digunakan sebagai lagu profil identitas bahkan menjadi semacam 'lagu wajib' bagi instansi, lembaga, sekolah, perguruan tinggi, perusahaan, organisasi, komunitas, perkumpulan dan lain-lain.


2 Versi Lagu Hymne

  1. Lagu hymne (full lengkap ada lagu, lirik, penyanyi/vokal dan aransemen musik)
  2. Lagu instrumental hymne (minus one, hanya instrumental tanpa vokal)

Lagu hymne adalah versi normalnya karena sudah full dilengkapi nada, lirik, penyanyi dan komposisi aransemen musiknya, ini adalah full karya lagu yang siap didengarkan, dihapalkan dan dinyanyikan. Sedangkan versi lagu instrumental hymne juga dibutuhkan untuk kebutuhan tampil live (perform) di acara-acara resmi atau formal.


Tipe / Macam / Jenis Lagu Hymne

  • Lagu Hymne Perguruan Tinggi (Universitas, Akademi, Institut, Politeknik, Sekolah Tinggi)
  • Lagu Hymne Fakultas Ekonomi, Hukum, Kedokteran, Teknik, Pertanian, Peternakan, Komunikasi, Sosial Politik
  • Lagu Hymne Perusahaan / Instansi / Lembaga
  • Lagu Hymne Sekolah (TK, SD, SMP, SMA, SMK, Pondok Pesantren / Boarding School)
  • Lagu Hymne Rumah Sakit, Puskesmas, Klinik
  • Lagu Hymne Organisasi, Perkumpulan, Partai, Perhimpunan, Asosiasi, Serikat, Komunitas
  • Lagu Hymne TNI (Tentara/Militer), Polisi
  • Lagu Hymne Provinsi, Kabupaten, Kota
  • Lagu Hymne Yayasan
dan lain-lain...

Studio Reyal Musik, studio rekaman yang sudah banyak memproduksi lagu dari berbagai genre musik termasuk lagu hymne (himne), menawarkan jasa pembuatan lagu hymne / musik hymne terbaik, berkualitas, profesional dengan biaya yang terjangkau.



( by. Dani MKD @ReyalMusik ) 



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Chat Us