Kurikulum Belajar Kursus / Les Gitar, Piano Keyboard, Bass, Drum Di Reyal Musik

kurikulum belajar musik, metode belajar musik, silabus belajar musik, bahan belajar musik
reyal musik menerapkan kurikulum belajar yang lebih sistemik dan lebih efektif


Kurikulum / Silabus Belajar Musik, Kursus / Les Gitar, Piano Keyboard, Bass, Drum Di Reyal Musik


5 poin besar untuk silabus / kurikulum / rencana belajar / materi yang kami terapkan


1. Chord / Kunci / Akord / Kord


Adalah 'nyawa' dari musik, karena mayoritas permainan musik ada di permainan chord, di level ini akan dijelaskan jenis-jenis chord berikut pola (pattern) chord, fungsi chord, sugesti chord sampai pada teknik aransemen chord.


2. Ritem / Rhythm / Irama / Ritme


adalah pemberi corak dan karakteristik musik, ritem inilah yang memberi cengkok dan ciri pada genre-genre musik, kemampuan bermain ritem sangat mutlak sebab unsur hiburan didalam permainan musik sangat tergantung dari kualitas permainan ritem kita. Di level ini anda akan diajarkan berbagai macam varian ritem (irama) dari berbagai genre-genre musik.


3. Melodi


bahasa lainnya adalah lagu, melodi adalah permainan horizontal dalam musik artinya tipe melodi adalah pengolahan nada-nada yang disusun sedemikian rupa, melodi berangkat dari pengolahan scale (tangga nada), di level ini anda bukan cuma diajarkan menghafal scale, juga menghafal mode (*mode adalah variasi interval scale) serta menerapkan teknik sekaligus feel / soul melodik.


4. Harmoni


adalah 'lawan' dari melodi, jika melodi berciri nada-nada tunggal maka harmoni adalah nada-nada jamak artinya lebih dari satu nada, di level ini anda sudah memasuki tahap yang cukup menantang dalam ilmu musik, karena tahapan ini membutuhkan pemain yang sudah memahami 3 poin diatas secara baik dan benar. Bisa dibilang level ini sudah masuk level mastery (penguasaan).


5. Improvisasi


Adalah pengembangan, perluasan, perbaikan dan pemadatan. Dari maknanya sudah bisa kita tangkap bahwa ini adalah level finishing (tahap akhir), seorang pemusik yang berhasil masuk level ini bisa disebut pemusik yang ideal, karena seorang musisi yang sejati diwajibkan untuk mampu bermain secara mandiri, spontan, cerdas, artistik, imajinatif, inovatif, kreatif, baik, bagus, benar dan mumpuni, dan semua ini ada dalam level ini, ini adalah puncak musikalitas seseorang.



Metode belajar musik yang terbaik dan efektif


Secara umum penekanan pengembangan skill bermusik disini lebih kepada metode 'hearing / play by ear' artinya poin-poin diatas akan dilatih hingga dieksplorasi dengan konsep hearing, suatu pendekatan belajar musik yang terbaik dan lebih musikal karena mengembangkan langsung kemampuan alami dan natural dalam bermain musik.

5 poin kurikulum diatas berlaku untuk alat musik / instrument gitar akustik, gitar elektrik, piano keyboard dan bass. Akan dipelajari secara sistemik (berurut) dan masing-masing poin memiliki penjabaran yang lebih luas lagi dan lebih komprehensif yang nantinya akan dijelaskan secara detail dalam proses belajar.

Khusus untuk drum, disini lebih menekankan pada pola pengajaran rhythm approaching, karena drum adalah instrument utama pembentuk ritem, dan fakta di lapangan membuktikan banyak drummer (terutama yang pemula dan menengah) terlalu berlebihan hanya 'fokus' mengejar kemampuan teknis, mereka justru agak melupakan hal yang paling pokok dalam permainan drum yakni bermain musikal dan kuat di ritem drum.

Inilah penjelasan singkat tentang bahan belajar / rencana belajar atau biasa disebut kurikulum belajar yang nanti akan dipelajari oleh setiap murid disini, kurikulum belajar menggunakan metode belajar yang sangat efektif, lebih musikal, lebih unik, lebih progresif dan bisa mencetak calon-calon musisi / pemain musik yang fleksibel, cerdas, multi-stylish (bisa beragam aliran musik) dan berjiwa innovator.

Jika anda berminat kursus / les musik, silahkah hubungi chat WA 081280951862 untuk info lengkapnya.



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Chat Us