Cara Membuat Lagu Ciptaan Sendiri Yang Bagus, Tutorial Tips Untuk Para Penulis / Pengarang / Pencipta Lagu

cara menulis lagu, cara mengarang lagu, cara membuat lagu, penulis lagu, pencipta lagu, pengarang lagu, pembuat lagu


Cara Membuat Lagu, Menulis Lagu, Mengarang Lagu Dengan Baik, Bagus Dan Berkualitas


Bisa membuat lagu / menulis lagu umumnya memang merupakan bakat alami dari sang penulis lagu, biasanya seorang penulis / pencipta / pengarang lagu memiliki sense dan taste yang peka terhadap alunan nada sehingga ia mampu secara natural mengenal teknik dan cara membuat / mengarang / menulis lagu.

Namun untuk bisa membuat / menulis / mengarang lagu dengan kualitas yang bagus membutuhkan beberapa syarat lainnya, jadi tidak hanya mengandalkan potensi alami bakat si pengarang lagu, tapi juga teknik-teknik maupun rumus teori yang meliputinya yang biasanya harus dipelajari dan dilatih.


Penulis/Pengarang Lagu Sebaiknya Bisa Bermain Alat Musik


Seorang pengarang / penulis / pencipta lagu sangat dianjurkan untuk bisa pula memainkan instrument alat musik dengan baik terutama instrument yang harmonik dan melodik seperti gitar atau piano keyboard karena alat-alat musik ini lebih luas untuk dieksplorasi dan lebih lengkap secara musikal maupun teknikal.

Mengapa seorang penulis / pencipta lagu sebaiknya harus bisa bermain alat musik ? karena instrument musik terutama gitar dan piano keyboard mengajarkan kita banyak sekali variasi-variasi harmonisasi baik chord maupun melodi sehingga jangkauan eksplorasi notasi dalam membuat lagu menjadi lebih luas dan lebar serta variatif, belum lagi adanya unsur ritmik (irama) yang memberi warna style karakter aliran genre musik.

Jika seorang pengarang lagu / pencipta lagu / penulis lagu kurang memahami instrumentasi umumnya mereka akan cenderung monoton dalam berkarya karena hanya mengandalkan kepekaan alami bakatnya, sedangkan jangkauan improvisasi musikal menjadi terbatas belum lagi ditambah kemampuan teknikal yand tidak terasah secara terampil, ini semua menjadi kendala dalam membuat karya-karya musik / lagu yang lebih berwarna, unik, kombinatif, variatif, indah dan cerdas.



Cara Menulis/Membuat Karya Lagu Ciptaan Sendiri Yang Berkualitas Bagus, Indah Dan Enak


Diantara urutan panduan cara membuat / menulis lagu secara lengkap mulai dari awal sampai tahap akhirnya dalam bentuk karya lagu / musik yang lengkap dan utuh, sebagai berikut ;

  • Menulis lirik lagu atau bisa juga membuat notasi nada lagu terlebih dahulu atau bisa juga membuat progresi chordnya terlebih dahulu (kerjakan sesuai mood dan ide).

  • Melakukan penyesuaian antara lirik lagu, notasi nada lagu dan chord lagu.

  • Targetkan style aliran genre musik yang diinginkan untuk lagu yang dibuat, misalkan mau lagu pop maka buat irama nada lagunya menjadi pop, mau rock bikin irama rock, mau jazz bikin irama jazz, mau blues bikin irama blues, mau reggae bikin irama reggae, dan lain-lain.

  • apabila lagu dasar sudah terbentuk, tahap berikutnya jika ingin menjadi karya yang lengkap dan utuh maka harus diaransemen dan direkam secara baik, untuk ini biasanya dibutuhkan jasa seorang arranger musik (penata musik) dan studio rekaman untuk produksi musik dan lagu.



Tutorial cara/teknik membuat/menulis lagu dengan baik, indah, cerdas, enak dan berkualitas 


Diantara poin-poin penting yang seharusnya dimiliki / dikuasai oleh seorang penulis lagu / pengarang lagu / pencipta lagu yang ideal dan profesional, sebagai berikut ; 


dan lain-lain...


Berikut ini adalah tips-tips / tutorial cara dan teknik membuat lagu yang baik, berkualitas, enak dan bagus, khususnya dalam membuat nada lagu dengan memanfaatkan formula chord (chord tones), mengembangkan tangga nada (scale), menggunakan teknik pedal, sequencing, static chord, blue notes, dan lain-lain... klik link-link berikut ini...



Jika anda ingin juga mengetahui cara menulis lirik klik Cara Membuat Lirik Lagu Yang Baik Dan Berkualitas.

Anda butuh lagu original dan butuh jasa pencipta lagu ? info klik Jasa Pembuatan Lagu Terbaik Dan Profesional, Biaya Terjangkau Di Jakarta (Bisa Order Offline Dan Online) ... info lengkap silahkan (WA/Call) 081280951862.

Apabila anda serius ingin menjadi penulis lagu dan penata musik profesional, Reyal Musik membuka Kursus / Les Songwriter (Penulis Lagu), Arranger (Penata Musik) & Music Production.




(Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik) 



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Chat Us