Apa Itu Karya Musik, Pengertian, Penjelasan Peran Penulis Lagu, Penata Musik, Penyanyi, Musisi & Penata Audio

karya musik, seni musik, jasa pembuatan musik, jasa pembuatan lagu, jasa aransemen musik studio rekaman


Pengertian Karya Musik, Definisi Dan Penjelasan


Karya musik adalah kegiatan seni musik yang bersifat kreasi (kreatif) atau wujud dari kegiatan kreatifitas (membuat, menulis, mengarang, mencipta, menata, menyusun, merekam) musik
. Umumnya karya musik itu dibuat oleh para musisi (pemain musik) yang memiliki kemampuan multi yang kreatif, misalnya seorang musisi yang juga bisa menulis lagu, membuat lirik, membuat aransemen musik dan memproduksi musik (merekam).

Banyak sekali yang barangkali kurang terlalu memahami apa saja karya musik itu dan siapa saja yang berperan mewujudkannya, karena umumnya yang paling banyak diingat oleh kebanyakan orang tentang karya musik adalah hanya fokus pada nama penyanyi dan pencipta / penulis / pengarang lagu, padahal dalam wujud karya musik yang utuh (yang sudah diproduksi, layak dengar dan sudah beredar) seperti karya musik dari musisi-musisi atau penyanyi-penyanyi terkenal misalkan lagu-lagu populer yang sudah banyak dikenal itu melibatkan banyak peran didalamnya bukan hanya peran seorang penyanyi dan penulis lagu.


Orang-Orang Yang Terlibat Dalam Pembuatan Karya Lagu/Musik


Dan orang-orang yang berperan besar dalam perwujudan karya musik saling terkait kuat dan wajib ada dalam unsur peran. Misalnya tidak mungkin suatu lagu ada tanpa ada penulis lagu / pengarang lagu, tidak mungkin juga lagu bisa dinyanyikan tanpa ada penyanyi, dan mustahil pula suatu lagu polos (mentah) yang dibuat oleh penulis / pengarang lagu bisa diproduksi (direkam) tanpa ada yang mengaransemennya, disinilah fungsi seorang arranger musik (penata musik).

Begitupun peran penting lainnya, tidak mungkin suatu aransemen bisa ditata dan dibuat tanpa ada peran penting seorang musisi (pemain musik) yang memiliki keahlian membuat komposisi musik maupun aransemen musik dengan memainkan / menyusun / membuat harmonisasi iringan alat musik (instrument musik) dengan lagu dasar (lagu mentah).

Dan juga mustahil suatu lagu yang sudah diaransemen bisa terwujud menjadi karya musik yang utuh apabila tidak direkam (diproduksi), disinilah peran seorang perekam audio / penata audio / sound engineer yang tugas pokoknya adalah merekam dan memproses audio dari lagu yang sudah diaransemen menjadi suatu karya musik yang utuh dalam bentuk rekaman.

Jika anda ingin mengetahui peran lebih detail, anda bisa membaca artikel ini klik penjelasan tentang musisi, penulis lagu, penata musik, penulis lirik, komposer, produser musik dan sound engineer.


Tugas, Fungsi Dan Peran Dalam Pembuatan Karya Lagu/Musik


Dari penjelasan dan penjabaran diatas kita bisa menarik kesimpulan bahwa karya musik yang utuh itu tercipta karena gabungan peran dari penyanyi, penulis lagu dan lirik, penata musik, musisi dan penata audio, bahkan apabila ditanya siapa sebenarnya yang memiliki peran yang lebih penting dan berpengaruh besar dalam karya musik, maka seharusnya satu diantaranya adalah seorang arranger musik (penata musik), kok bisa ?


Peran Dan Jasa Seorang Penata Musik (Arranger Musik)


Ya, tentu bisa, karena dari segi musikalitas dan skill musik tentu diantara peran-peran diatas yang memiliki level tertinggi adalah seorang penata musik (arranger musik), karena dialah yang mengemas lagu mentah (polos) diharmonisasikan dengan berbagai instrument musik sehingga menjadi karya musik yang berbentuk dan berkarakter.

Banyak yang bisa menjadi penyanyi selama memiliki suara yang enak, baik dan merdu atau batas minimalnya asal tidak sumbang suaranya (fals). Bahkan era saat ini yang serba teknologi digital, suara yang kurang enak pun bisa diedit menjadi lebih baik.

Siapa saja bisa menjadi penulis lagu, bahkan yang kurang memiliki skill baik dalam bermusik pun bisa membuat lagu, begitupun menjadi pemain musik (musisi) banyak yang bisa kalau hanya sekedar sebagai player, begitu juga menjadi penata audio tentu banyak yang bisa, tapi untuk menjadi arranger musik (penata musik) membutuhkan syarat ketat dan khusus sehingga tidak semua orang bisa masuk ke peran ini, butuh bakat, usaha keras dan belajar keras!.

Sayangnya dalam suatu publikasi produksi musik/lagu, peran dan nama seorang arranger musik sering 'tenggelam', justru yang terlalu 'mucul' dan menonjol adalah nama penyanyi dan pencipta lagunya. Padahal bagi yang berkecimpung di dunia musik profesional tentu tahu betapa besarnya peran seorang penata musik itu.

Seorang arranger musik (penata musik) lebih terlihat perannya tatkala menangani penyanyi solo singer, duo, trio atau vocal group, khusus untuk format grup band umumnya aransemen musik dibuat para personilnya secara bersama-sama, beberapa band ada juga yang menunjuk salah satu personilnya menjadi leader dalam aransemen, namun ada juga band yang masih membutuhkan jasa arranger musik diluar personilnya.

Arranger musik sangat berperan penting dan utama dalam membentuk karakter lagu, style lagu, genre musik lagu, komposisi lagu dan kualitas karya musik. Untuk itulah banyak penyanyi profesional yang populer punya preferensi tertentu dalam menentukan siapa penata musik untuk karyanya.

Beberapa penyanyi populer dan terkenal seperti Iwan Fals, Vina Panduwinata, Chrisye, Benyamin, Glenn Fredly, Nike Ardilla, Agnes Monica, Krisdayanti, Ruth Sahanaya, Afgan, Tulus, Judika, Melly Goeslaw, Ari Lasso, Nicky Astria, Ebiet G Ade, Anggun C Sasmi, Trie Utami, dan banyak lagi lainnya.

Atau mungkin kita biasa mendengar musik lagu-lagu barat seperti penyanyi terkenal Celine Dion, Mariah Carey, Adele, Michael Jackson, John Lennon, Rod Stewart, Bruno Mars, Ed Sheeran, Justin Bieber, Rihanna, dan lain-lain.

Kita semua akrab dengan musik dan lagunya, namun barangkali mayoritas dari kita hanya tahu nama penyanyinya dan mungkin pencipta lagunya, ironisnya kita umumnya tidak mengenal siapa pembuat aransemen musiknya (arranger musik), padahal kita mengenal dan menikmati musiknya. Tentu nama arranger musik tercatat / tertulis dalam publikasi karya mereka hanya saja secara umum kebanyakan orang hanya mengingat atau mengetahui nama penyanyinya.

Dalam produksi lagu/musik saat ini terkadang masih kita jumpai karya musik yang dipublikasi tanpa memberi 'kredit' yang layak kepada arranger musiknya, misalnya tidak disebut nama penata musiknya, hanya disebut nama penyanyi dan pencipta lagunya (atau disebut tapi 'dibelakangkan'). Sungguh itu adalah suatu pengabaian etika musik atau kesantunan moral dalam menghargai peran besar seseorang dalam karyanya. Tindakan itu sama seperti mengabaikan jasa besar.

Salah satu arranger musik (penata musik) terkenal bahkan mengatakan secara jelas bahwa peran arranger musik dalam produksi lagu itu adalah yang terpenting


3 Sosok Paling Berperan Dalam Pembuatan Karya Lagu/Musik


Jadi kesimpulannya secara umum ada beberapa peran yang penting dalam produksi lagu/musik namun secara garis besar ada 3 sosok mutlak yang paling berperan dalam karya musik yakni sebagai berikut ; 
  • Penulis lagu (pencipta/pengarang lagu) & lirik
  • Penyanyi (singer/vokalis)
  • Penata musik (arranger musik) / produser musik


Peran Penulis Lagu Dan Penyanyi


Untuk peran penulis lagu tentu juga penting dan fundamental, karena ialah yang membuat bahan dasar untuk diolah yakni lagu, begitupun penyanyi tak kalah pentingnya karena penyanyi adalah sosok 'ujung tombak' pembawa karya musik yang tampil didepan dan umumnya lebih dikenal dibanding penulis lagu maupun penata musik.

Dan juga tentu bagian produksi rekaman lagu yakni tugas seorang audio sound engineer yang juga penting karena dialah yang merekam dan melakukan finalisasi atas sebuah lagu menjadi karya musik yang berwujud rekaman. 

Perlu dicatat juga, jika seorang arranger musik juga sekaligus pengarang lagu maka ia disebut komposer, jika seorang arranger musik juga sekaligus sound engineer (penata audio) yakni memproduksi sendiri (merekam) hasil garapannya maka ia disebut produser musik. Untuk memahami fungsi dan peran masing-masing silahkan simak dan tonton video ini klik peran-peran dalam dunia musik dan karya musik.


Macam Dan Jenis Karya Musik


Penjelasan diatas sudah memberi gambaran besar tentang peran-peran penting dalam perwujudan karya musik dan seharusnya peran-peran tersebut diapresiasi dengan baik tatkala suatu karya musik itu dipublikasi.

Karya musik itu memiliki banyak macamnya, jadi perwujudan karya musik yang utuh itu memiliki banyak peran kreatif didalamnya, diantaranya sebagai berikut ; 
  • Karya lagu (penulis lagu / pencipta lagu / pengarang lagu)
  • Karya lirik lagu (penulis lirik lagu)
  • Karya aransemen musik (penata musik / arranger musik)
  • Karya pemain musik (session player, personil band)
  • Karya audio rekaman (sound engineer)


Jasa-Jasa Profesional Dalam Pembuatan Karya Musik/Lagu


Untuk mewujudkan memiliki rekaman karya musik yang utuh dibutuhkan beberapa jasa-jasa profesional berikut ini ;  

Semoga artikel ini bisa mencerahkan dan bisa memberi penjelasan yang jelas tentang siapa saja yang berperan dalam perwujudan karya musik itu. Artikel ini ditulis oleh seorang yang sudah berpengalaman dan berkecimpung dalam dunia musik profesional yang multi talenta berperan sekaligus sebagai arranger, songwriter, lyricist, composer, musician, music producer dan sound engineer. 



(by. Dani MKD @ReyalMusik)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Chat Us