Belajar Melodi Gitar Dasar Metode Passing Dan Kromatik Untuk Pemula

belajar melodi gitar metode passing notes chord, tutorial melodi gitar, tangga nada kromatik, latihan melodi dasar untuk pemula


Cara Bermain Melodi Gitar Metode Nada Lewat Sebentar (Passing Notes), Chord Lewat Sesaat (Passing Chords) & Nada Jarak Setengah (Kromatik)


Artikel ini akan membahas tentang metode ke 3 dari cara dan teknik bermain melodi gitar, yakni belajar teknik bermain melodi gitar cara metode passing notes, passing chords dan kromatik, artikel sebelumnya sudah membahas tentang belajar teknik bermain melodi gitar metode scale (tangga nada) dan belajar melodi gitar metode chording arpeggio

Jika anda belum membaca 2 artikel sebelumnya maka silahkan dibaca dulu dan dipahami dengan baik supaya ilmu melodi gitar yang coba dijabarkan utuh alias tidak terpotong, sistemik dan komprehensif.

Metode belajar melodi gitar dengan pendekatan passing notes, passing chords dan tangga nada kromatik ini adalah pelengkap sempurna bagi 2 metode sebelumnya. Seorang pemain gitar atau gitaris yang mampu menggabungkan 3 metode belajar melodi gitar yang sudah dijabarkan kemungkinan besar akan mampu bermain melodi gitar dengan baik, bagus, keren, menarik, unik dan indah.


Belajar Melodi Gitar Dengan Passing Notes (Nada Lewat Sesaat), Passing Chords (Kunci / Chord Lewat Sesaat) & Tangga Nada Kromatik 


Passing notes 

Adalah nada-nada yang dimainkan sesaat sebelum nada tujuan, bisa berjumlah hanya satu nada, dua nada, tiga nada atau sebanyak yang diinginkan. Passing notes harus dimainkan dengan benar dan tepat agar tidak mengganggu alur permainan melodi gitar, artinya jangan ragu-ragu dan jangan pula berlebihan. 

Passing chords 

Adalah kunci / chord yang dimainkan sesaat sebelum nada tujuan, passing chords memiliki syarat dalam memainkannya yakni harus dimainkan minimal dengan 2 senar gitar, contoh utamanya adalah bermain teknik double stop, jika passing notes hanya memainkan satu senar maka passing chords harus memainkan minimal 2 senar, karena syarat untuk bisa disebut chord adalah minimal 2 nada dimainkan sekaligus.

Kromatik 

Adalah tangga nada yang jarak antar nadanya berjarak setengah, tangga nada kromatik bisa juga disebut tangga nada paling lengkap karena ia memuat total 12 nada, urutannya sebagai berikut ; C, C# (Db), D, D# (Eb), E, F, F# (Gb), G, G# (Ab), A, A# (Bb), B.

Metode bermain melodi gitar passing notes, passing chords dan kromatik ini juga biasa memainkan nada-nada melodi 'outside' diluar dari tangga nada yang sedang berjalan, kebalikan dari nada-nada 'outside' adalah nada-nada 'inside' (sesuai dengan tangga nada yang berjalan).

Contoh, tangga nada (scale) mayor C (DO=C) : C,D,E,F,G,A,B berarti tangga nada mayor memiliki 7 nada, ada sisa 5 nada yang tidak digunakan (karena total tangga nada ada 12 nada), kelima nada tersebut adalah C#(Db), D#(Eb), F#(Gb), G#(Ab) dan A#(Bb), nah kelima nada inilah yang disebut nada-nada outside yang bisa digunakan sebagai passing notes.

Bisa dikatakan metode bermain melodi gitar dengan passing notes, passing chords dan kromatik akan sangat memperindah dan memperkaya cara bermain melodi gitar kita. Untuk memainkan passing umumnya dimainkan dengan teknik slide (sliding) atau biasa disebut teknik meluncur, ada teknik slide up (meluncur ke nada diatasnya), slide down (meluncur ke nada dibawahnya) dan juga untuk chord disebut teknik sliding chord. Juga bisa dimainkan dengan teknik hammering (hammer on dan pull off)

Permainan melodi gitar dengan passing notes, passing chords dan kromatik banyak dimainkan di genre-genre musik yang agak berat seperti jazz, blues, classical music, fusion, progresif, dan lain-lain. Di genre-genre musik yang umum seperti pop dan rock jika dimainkan dengan pas maka akan terdengar sangat keren, menarik, unik dan mantap. 


Keunggulan Bermain Melodi Gitar Metode Passing Notes, Passing Chords & Kromatik 


Bermain melodi gitar dengan teknik bermain / cara bermain yang menerapkan pendekatan variasi passing notes, passing chords dan tangga nada kromatik memiliki beberapa keuntungan dan kelebihan, diantaranya sebagai berikut ; 
  • Memperkaya bunyi dan pergerakan melodi gitar
  • Membuat manis dan indah alunan melodi jika dimainkan dengan tepat
  • Membuat permainan melodi menjadi naik level apalagi jika bisa mengkombinasikannya dengan metode scaling dan chording
  • Bebas menggunakan nada apa saja selama timing bermainnya tepat, umumnya memainkan nada-nada terdekat ke nada tujuan
Dan lain-lain...


Untuk lebih jelasnya lagi silahkan disimak video belajar melodi gitar metode passing notes, passing chords dan kromatik. Sangat berguna tontonan ini jika disimak khususnya oleh para pemula dan menengah. Selamat menonton dan semoga bermanfaat...



(Words & Lesson By Dani MKD @ReyalMusik) 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Chat Us