Belajar Melodi Gitar Dasar Metode Tangga Nada Untuk Pemula

belajar melodi gitar untuk pemula, tutorial cara bermain melodi tangga nada scale dasar


Cara Bermain Melodi Gitar Metode Tangga Nada (Scale)


Setiap pemain gitar atau gitaris pasti menginginkan bisa bermain melodi gitar dengan cara dan teknik yang baik, bagus dan benar. Untuk mulai belajar melodi gitar tentu kita harus memahami metode-metode dasar yang digunakan agar proses belajarnya menjadi efektif, optimal dan maksimal.

Secara umum tipe bermain melodi gitar saya kelompokkan menjadi 3 cara agar mudah memahaminya diantaranya belajar melodi gitar metode scale atau tangga nada, belajar melodi gitar metode chording (kunci) dan belajar melodi gitar metode passing. Dalam artikel ini akan dibahas metode belajar gitar scale (tangga nada), yang lainnya akan dibahas di artikel selanjutnya.


Cara Yang Lebih Mudah Belajar Melodi Gitar


Pendekatan cara mudah dan cepat belajar melodi gitar yang efektif akan lebih mudah dan cepat dipahami terutama bagi para pemula dan menengah jika dijelaskan secara praktis, sistemik dan terukur. Dalam artikel dan video belajar melodi gitar ini akan dijelaskan bagaimana cara memainkannya secara teknik maupun rumus teorinya.



Belajar Melodi Gitar Pendekatan Tangga Nada (Scale)


Tangga nada / scale adalah urutan nada-nada yang disusun dari yang terendah hingga yang tertinggi, digunakan untuk harmonisasi permainan melodi dan pengambilan nada-nada pembentuk chord (chord tones atau formula chord).

Tangga nada jumlahnya banyak, bisa sampai ratusan, tapi secara umum yang paling sering diterapkan dan digunakan hanya sekitar 5 sampai 10 scale karena faktor fleksibilitas dan sudah mewakili scale-scale lainnya.

Yang paling sering dan menjadi dasar dalam bermain melodi gitar adalah tangga nada, karena sangat praktis, mudah dipelajari, mudah dipahami, mudah dilatih serta merupakan pondasi paling dasar dalam bermain melodi gitar.

Bermain melodi gitar dengan tangga nada (scale) adalah tipikal permainan melodi gitar linear atau horizontal karena memiliki semacam garis aturan yang lurus dan berhubungan, artinya kita tidak boleh keluar dari aturan baku yang ditetapkan dalam tangga nada yang bersangkutan.

Dengan tangga nada, cara bermain melodi gitar kita menjadi lebih terarah karena memiliki aturan yang jelas, contohnya jika kita ingin bermain melodi gitar di tangga nada mayor C (major scale C) atau tangga nada mayor dengan nada dasar C (DO=C) : C, D, E, F, G, A, B, C', maka dalam bermain melodi gitar nya kita tidak boleh keluar dari nada-nada yang ada dalam tangga nada tersebut, begitu juga kunci chord pengiringnya (family chord) juga harus harmoni dengan tangga nada tersebut.


Kumpulan Tangga Nada (Scale) Untuk Bermain Melodi Gitar


Berikut ini daftar tangga nada (scale) yang paling sering digunakan dalam permainan melodi gitar, diantaranya sebagai berikut ;
  • Tangga Nada Mayor (Major Scale)
  • Tangga Nada Minor (Minor Scale)
  • Tangga Nada Dominant (Dominant Scale)
  • Tangga Nada Pentatonik Minor (Minor Pentatonic Scale)
  • Tangga Nada Pentatonik Mayor (Major Pentatonic Scale)
  • Tangga Nada Blues (Blues Scale)
  • Tangga Nada Minor Harmonik (Harmonic Minor)
  • Tangga Nada Minor Melodik (Melodic Minor)
  • Tangga Nada Pentatonik Dominant (Dominant Pentatonic)
  • Tangga Nada Kromatik (Chromatic Scale)
dan lain-lain...

Selain menggunakan scale (tangga nada), melodi gitar juga banyak menerapkan permainan melodi gitar yang berasaskan pada mode, apa itu mode gitar ? mode adalah variasi interval dari scale, jadi tidak merubah isi scale, hanya merubah posisi urutan scale.

Walaupun berasal dari scale yang sama namun karakter suara dan warna bunyi tiap mode memiliki kekhasannya tersendiri bahkan banyak gitaris-gitaris dunia seperti steve vai, joe satriani, jimi hendrix, yngwie malmsteen, paco de lucia, john mclaughlin, al di meola, danny gatton, dan lain-lain yang permainan mereka sering menggunakan mode gitar tertentu.

Seperti permainan melodi steve vai dan joe satriani yang identik dengan mode lydian, yngwie dan paco de lucia yang identik dengan mode dari tangga nada minor harmonik, danny gatton yang identik dengan mode mixolydian, jimi hendrix yang banyak memainkan variasi mode dari blues scale, dan sebagainya.


7 Mode Untuk Bermain Melodi Gitar


Secara umum ada 7 mode yang paling sering digunakan dalam bermain melodi gitar, diambil dari variasi interval pada tangga nada mayor (major scale), sebagai berikut ;
  • Mode Ionian (C,D,E,F,G,A,B)
  • Mode Dorian (D,E,F,G,A,B,C)
  • Mode Phrygian (E,F,G,A,B,C,D)
  • Mode Lydian (F,G,A,B,C,D,E)
  • Mode Mixolydian (G,A,B,C,D,E,F)
  • Mode Aeolian (A,B,C,D,E,F,G)
  • Mode Locrian (B,C,D,E,F,G,A)
Tentunya selain menggunakan mode-mode dari major scale, juga scale-scale yang lain bisa menerapkan metode yang sama. Mode-mode yang banyak digunakan selain dari major scale adalah mode-mode dari tangga nada (scale) minor harmonik, blues scale, pentatonik minor dan lain-lain.


Keuntungan Bermain Melodi Gitar Metode Tangga Nada (Scale)


Tangga nada adalah rumus atau teori dasar bermain melodi gitar, karena menjadi pondasi dalam permainan melodi gitar maka bisa disimpulkan beberapa keuntungan dari metode ini, diantaranya ;
  • Cara mudah dan cepat belajar melodi gitar karena mudah dihapal, dipahami dan praktis
  • Memiliki aturan bermain melodi gitar yang jelas
  • Bisa menerapkan teknik bermain melodi gitar yang banyak dan variatif
  • Juga menjadi akar formula chord sehingga kita sekaligus memahami harmoni chord
  • Terdengar lebih 'inside' (memiliki bunyi normal dan harmonik) sehingga mudah dicerna
  • Banyak dijadikan dasar dalam membuat alunan melodi gitar maupun mengarang nada lagu
dan lain-lain....

Info les klik kursus / les gitar akustik dan elektrik, metode belajar terbaik, biaya terjangkau di Jakarta.


Video Tutorial Belajar Melodi Gitar Metode Scale (Tangga Nada)


Untuk lebih jelasnya silahkan ditonton video belajar melodi gitar metode scale / tangga nada dibawah ini. Video ini bisa dikatakan wajib tonton khususnya untuk para pemula dan menengah, selamat menyimak dan semoga bermanfaat.




(Words & Lesson by Dani MKD @ReyalMusik)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama
Chat Us